Pages

Subscribe:

Labels

Sabtu, 18 Februari 2012

4 cara meningkatkan kreativitas anak

Mempunyai seorang anak kreatif merupakan dambaan setiap orang tua. Anak-anak yang kreatif memiliki cara berpikir yang unik, karena itu mereka dapat menjadi pemecah masalah yang baik. Namun, kreativitas bukan berarti seorang anak berhasil mencapai suatu solusi saja, tapi sekaligus proses dan cara berpikir yang dimilikinya. Lalu pertanyaannya apakah kreativitas ini merupakan suatu bakat alami atau bisa di bentuk melalui cara mendidik anak?
  Kabar baik bagi orang tua bahwa ternyata kreativitas anak dapat dibentuk melalui pembinaan oleh orang tua sejak dini. Beberapa cara yang sederhana berikut ini dapat menjadi masukan bagi Anda yang ingin meningkatkan kreativitas anak.

Percaya pada Kemampuan Anak

Tunjukan kepada anak anda bahwa Anda percaya pada kemampuan mereka. Hal ini dapat menjadi pondasi yang kuat dalam pembentukan kreativitas anak. Sebagai gambaran, misalkan anak anda mewarnai rumput dengan warna biru, daripada menunjukan ketidaksetujuan lebih baik Anda bertanya dan memberi komentar positif. Hal ini akan merangsang anak untuk berpikir kratif.

Beri Dukungan pada Anak

Para orang tua sebaiknya memberikan dukungan akan keinginan anak untuk berkreasi selama hal tersebut baik. Berilah anak Anda kebebasan untuk menentukan apa yang ingin dilakukannya dan berilah dukungan untuk anak mencapai apa yang ingin diraihnya tampa memaksanya. Semisalkan, anak Anda hobi melukis dan ingin mengikuti lomba lukis disekolahnya, dukunglah meraka, walaupun dia tidak bisa melukis dengan baik. Seandainya anak Anda tidak menjadi juara, tapi yakinlah bahwa anak akan terus berusaha untuk lebih kreati karena tahu kala Anda sebagai orang tua mendukungnya.  

Sediakan Fasilitas yang Dapat Mengasah Kreativitas

Fasilitas yang dimaksud disini antara lain adalah benda-benda yang dapat mengembangkan jiwa seni anak Anda seperti, kertas gambar, pensil warna, krayon, gunting, lem dan kertas lipat. Akan lebih baik lagi jika disediakan ruangan khusus yang menyediakan fasilitas tersebut agar anak bebas mewujudkan ide-idenya tampa takut dimarahi bila dia mengotori dirinya sendiri. Dan anda juga sebagai orang tua tidak perlu khawatir seluruh bagian rumah berantakan.

Beri Anak Pengalaman Baru

Berikanlah waktu khusus untuk anak Anda dengan mengajaknya ke tempat-tempat yang belum pernah dikunjunginya seperti museum, kebun binatang dan taman rekreasi. Tidak harus menunggu liburan sekolah anak atau liburan akhir tahun untuk berekreasi, akhir pekan juga merupakan moment yang baik untuk anak mendapatkan pengalaman yang baru. Hal-hal baru ini dapat meningkatkan atau merangsang imajinasi anak sehingga krativitas anak semakin meningkat. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar